Calon mahasiswa termuda dari jalur SNMPTN

Calon mahasiswa termuda dari jalur SNMPTN

Oleh : ri - 2021-04-12 11:02:14

Tingkat usia calon mahasiswa di Indonesia semakin rendah. Terbukti, ada salah satu peserta didik baru yang terdaftar di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya di usia baru 15 rahun. Ia adalah  Ainiyah Hasna Fadhilah.
Hasna, begitu sapaannya, dinyatakan lolos seleksi dan menjadi mahasiswa termuda di Unair Surabaya. Remaja yang baru berusia 15 tahun ini lolos melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021.
Gadis kelahiran 15 November 2005 ini mengaku tidak menyangka bakal lolos dan diterima menjadi mahasiswa baru di Unair untuk Program Studi Kesehatan Masyarakat. Sebab ia harus bersaing dengan ribuan pelajar dari berbagai sekolah.
"Saya tidak menyangka karena saingannya banyak. Alhamdulillah, ternyata bisa lolos," tutu Hasna saat ditemui, Kamis (25/3/2021).
Tetapi gadis berhijab ini merupakan pelajar berprestasi. Ia mampu menyelesaikan pendidikan di MAN 2 Kota Madiun dalam waktu dua tahun.
Ketika ia menempuh pendidikan setingkat SMP di MTsN Kota Madiun, ia juga menyelesaikan pendidikannya dalam waktu dua tahun melalui program Sistem Kredit Semester (SKS) dan Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI).
Hasna mengaku siap menjalani pendidikan jauh dari orangtua, meski ia menjadi satu di antara empat mahasiswa termuda di Unair. Selain Hasna, juga ada pelajar asal Ponorogo, Rizqi Nabila Ramadhani yang diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya dari jalur SNMPTN di usia 15 tahun 8 bulan.
Sebelum memulai pendidikannya di kampus, anak pertama dari tiga bersaudara ini sudah melakukan persiapan. Anak pasangan Didik Aswadi dan Agus Dyah Fitriani ini, sudah mencari informasi terkait kampus barunya.
Sementara Wakil Kepala Humas MAN 2 Kota Madiun, Yuli Irfan Aliurido menuturkan ada 103 siswanya yang mendaftar SNMPTN. Dari total jumlah tersebut, 17 di antaranya dinyatakan lolos. "Sebagian berasal dari kelas SKS. Tetapi Hasna yang termuda," kata Yuli.
Status Hasna sebagai mahasiswa termuda dari jalur SNMPTN juga dikonfirmasi oleh Rektor Unair Prof Dr Mohammad Nasih, SE, MT., Ak., CMA., yang dipublikasikan melalui laman Unair News, Rabu (24/3/2021).
"Ada empat anak yang termuda. Salah satunya dari Kota Madiun. Semua mahasiswa yang diterima di Unair ini murni karena prestasinya. Unair selalu terbuka untuk siswa mana saja dan masuk di jurusan apapun," jelasnya. ***


Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Remaja Madiun Jadi Mahasiswi Termuda, Rektor Unair Akui Berkat Prestasinya, https://surabaya.tribunnews.com/2021/03/25/remaja-madiun-jadi-mahasiswi-termuda-rektor-unair-akui-berkat-prestasinya.
Penulis: Rahadian Bagus
Editor: Deddy Humana

Komentar

0 Komentar

P O R T A L