Ma'had Darul Rohmah MAN 2 Kota Madiun gelar Tasmi' bil Ghoib

Ma'had Darul Rohmah MAN 2 Kota Madiun gelar Tasmi' bil Ghoib

Oleh : rifan - 2022-06-12 12:07:57

Madiun, Ahad 12 Juni 2022. Salah satu program unggulan MAPK MAN 2 Kota madiun yaitu menjadi Hafidz dan Hafidzoh bagi siswanya.
Selain menghafal Al-Qur'an untuk menambah jumlah hafalan, santri penghafal Al-Qur'an juga wajib memurojaah atau mengulang hafalannya setiap pagi dan petang agar semakin lancar. Namun, ada satu hal lagi yang tak kalah penting yaitu ujian tasmi'.
Istilah tasmi' bil ghoib. Artinya adalah kegiatan memperdengarkan hafalan Al-Qur’an sesuai kategorinya dan dibacakan secara keseluruhan di hadapan musyrif atau musyrifah, asatidz dan juga para santri lainnya untuk melatih percaya diri serta tes kelancaran hafalan.
Seperti yang dilakukan oleh salah satu santri PP. Darul Rohmah MAN 2 Kota Madiun. Yang telah melaksanakan ujian tasmi' bil ghoib kategori lima juz.
Nafisatul Faniza, salah satu santri asal Wonoasri Caruban Madiun telah mengikuti ujian tasmi' 5 juz sekali duduk. Ia disimak langsung oleh musyrifah dan juga teman-temannya. 
"Awalnya saya grogi dan lama karena banyak teman yang melihat, apalagi ini kali pertama saya mengikuti tasmi' bil ghoib. Alhamdulillah jam 08.00 pagi sudah selesai" ungkap Nafisa
Harapan dari dilaksanakannya kegiatan tasmi' bil ghaib "Semoga bisa menjadi inspirasi bagi teman2 yg lainnya dan bisa menambah semangat anak-anak dalam menambah hafalan hingga sampai khatam". Tutur Mayaa Kholida selaku Musyrifah Ma'had Darul Rohmah MAN 2 Kota Madiun 

 

Komentar

0 Komentar

P O R T A L