Cegah DBD, MAN 2 Kota Madiun Laksanakan Fogging

Cegah DBD, MAN 2 Kota Madiun Laksanakan Fogging

Oleh : humass - 2022-02-09 22:19:01

Sebagai salah satu upaya preventif menanggulangi bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD) di musim penghujan, pada Rabu (9/2), MAN 2 Kota Madiun melakukan penyemprotan atau fogging di lingkungan MAN 2 Kota Madiun.
Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, MAN 2 Kota Madiun bekerjasama dengan Dinas Kesehatan sebagai pelaksana foggingisasi terhadap seluruh gedung asrama, kelas, dapur, ruang makan, perkantoran dan fasilitas pendukung pendidikan lainnya. Sebagaimana dijelaskan oleh Zainal Arifin, selaku Kepala Madrasah.
Menurut Zainal, kegiatan fogging ini merupakan tindak lanjut dari fogging pertama yang telah dilaksanakan 1 minggu sebelumnya. “Harapannya, dengan fogging kedua ini, upaya penanggulangan DBD bisa lebih optimal dan memberikan rasa aman kepada peserta didik. Terutama yang tinggal di asrama,” tegasnya.
Tim Fogging dari Dinas Kesehatan Kota Madiun, selain melakukan fogging juga memberikan saran untuk menghindari resistensi nyamuk terhadap insektisida dan pencemaran udara, maka tindakan fogging ini harus diikuti dengan upaya pencegahan penyakit DBD lainnya agar rantai penyebaran demam berdarah benar-benar terhenti. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan aktivitas 3M Plus. Yaitu, Menguras dan Membersihkan tempat yang menjadi penampungan air, Menutup secara rapat tempat-tempat penampungan air tersebut agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti.
Kemudian Mendaur ulang atau memanfaatkan barang-barang bekas yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk, Plus adalah berbagai bentuk kegiatan pencegahan lainnya, seperti menggunakan obat nyamuk, menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air, menggunakan kelambu saat tidur dan memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk. 

Komentar

0 Komentar

P O R T A L