Latih Kepemimpinan, Gudep Pangkalan MAN 2 Kota Madiun Adakan Dian Pinsat Penegak

Latih Kepemimpinan, Gudep Pangkalan MAN 2 Kota Madiun Adakan Dian Pinsat Penegak

Oleh : rs - 2022-12-16 14:37:54

Sesuai dengan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 031/Kn/78 Tahun 1978 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Geladian Pimpinan Satuan Penegak bahwa Geladian Pimpinan Satuan Penegak (Dian Pinsat Penegak) merupakan alat bagi para Pembina Pramuka dan Pembantu Pembina Pramuka untuk menerapkan sistem among, dan melatih langsung kegiatan tehnik kepramukaan dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan, khususnya sistim beregu.

Selain itu Dian Pinsat Penegak adalah tempat memberikan geladian atau latihan bagi pengurus Dewan Ambalan, Pemimpin Sangga dan Wakil Pemimpin Sangga untuk mengembangkan kepemimpinan, meningkatkan kecakapan, ketrampilan dan kemampuan dalam tehnik kepramukaan serta menanamkan kesadaran akan tugas dan kewajiban sebagai ketua atau wakil ketua, pemimpin sangga atau wakil pemimpin sangga yang kesemuanya itu diperlukan sebagai bekal untuk mengelola dan memimpin serta membina kerja sama yang baik dalam satuannya.

Oleh karenanya itu, bertempat di lingkungan kampus MAN 2 Kota Madiun, pada Kamis (15/12/2022), Gudep 02.097-02.098 Pangkalan MAN 2 Kota Madiun mengadakan kegiatan Dian Pinsat Penegak yang diikuti oleh 98 orang penegak putra dan putri.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta belajar berbagai materi mulai dari patriotism dan spiritual, organisasi dan administrasi, peranan pinsat penegak serta kegiatan pendukung lainnya.

Kegiatan ini, juga menghadirkan beberapa narasumber berkompeten dari dalam maupun dari luar.

Kak Ingsun Sukohandono, selaku ketua Pembina berharap kegiatan ini bisa menjadi alat Pendidikan bagi adik-adik untuk mengembangkan berbagai keterampilan yang berguna di masa depan. “Diharapkan, adik-adik peserta Dian Pinsat Penegak ini bisa menggali berbagai pengetahuan dan keterampilan untuk merealisasikan tri bina penegak, yaitu Bina Diri, Bina satuan dan Bina Masyarakat”, tegasnya. (rs/humm2km)

Komentar

0 Komentar

P O R T A L