Penerimaan Tamu Ambalan Tahun 2021 Sebagai Pembentukan Awal Karakter Peserta Didik

Penerimaan Tamu Ambalan Tahun 2021 Sebagai Pembentukan Awal Karakter Peserta Didik

Oleh : rs - 2021-08-31 11:06:19

Dalam Gerakan Pramuka, Tamu Ambalan adalah seorang pramuka penggalang yang karena usianya dipindahkan dari pasukan penggalang ke ambalan penegak, atau pemuda yang berusia 16 sampai dengan 20 tahun yang belum pernah menjadi anggota Gerakan Pramuka. Dimana dalam prosesnya, tamu ambalan ini diterima dalam sebuah upacara penerima tamu ambalan (PTA)
Oleh karena itu, salah satu kegiatan di Gudep 02.097 – 02.098 Pangkalan MAN 2 Kota Madiun adalah Penerimaan Tamu Ambalan sebagai awal mula mereka menjalani Pendidikan kepramukaan dengan menetapkan Pendamping kiri (keterampilan), Pendamping kanan (watak, mental spiritual) serta mengikuti Sosialisasi Ambalan.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh Gudep 02.097 – 02.098 Pangkalan MAN 2 Kota Madiun pada hari Rabu sampai Kamis, 1 -2  September 2021 diikuti oleh 70 siswa kelas X secara luring di Aula MAN 2 Kota Madiun dan 383 Siswa di ikuti secara daring melalui Youtube dan Zoom dari rumah masing – masing. Dalam sambutannya Zainal Arifin Selaku Kamabigus menyampaikan bahwa Dasa Darma merupakan nilai-nilai Islami yang harus diamalkan oleh anggota pramuka. Oleh karenanya, besar harapan kepada adik-adik tamu ambalan agar bisa menjadikan kesempatan aktif di kepramukaan untuk membentuk watak dan jati diri serta fisik guna memberikan kemanfaatan kepada sekitar, tambahnya.
Selain itu, Kak Luluk Rumdayati, selaku ketua Pembina putri menuturkan bahwa rangkaian seremonial dalam PTA ini mengandung nilai-nilai pendidikan yang bermakna bagi peserta didik sesuai dengan salah satu metode kepramukaan, yaitu kiasan dasar. Yang diharapkan agar nilai-nilai yang terkandung bisa tertanam dalam sanubari setiap peserta didik, pungkasnya.

Komentar

0 Komentar

P O R T A L